Sabtu, 14 Juni 2008

2008_06_14 Kebun Raya Cibodas dan Keindahannya



----

Perjalanan dimulai memasuki pintu gerbang Puncak Pass di kawasan lereng kaki gunung Gede-Pangrango. Udara yang sejuk, seakan habis bermandikan hujan, membuatku menyesal tak membawa baju hangat lebih tebal dari yang kupakai.



----

Kebun Raya Cibodas menjadi pilihan pertama kunjungan jalan jalan kita. Air yang mengalir di bebatuan di seberang, banyak diminati pengunjung yang datang terutama anak anak. Bermain air sepuasnya, tanpa perlu ada yang melarang merupakan kesenangan tersendiri, bersama teman teman, penuh canda tawa.



----

----

Kebun Raya Cibodas ini terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius.

Kebun ini didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor pada lokasi di kaki Gunung Gede.



----

Menyebut Cibodas, pikiran akan melayang pada bayangan daerah hijau bergelombang dengan latar dua puncak gunung. Cibodas memang adalah salah satu daerah tujuan wisata. Sepanjang waktu, terlebih di musim libur, daerah ini selalu ramai dikunjungi, khususnya Kebun Raya Cibodas (KRC). **Liburan Info



----

----

Team Dokumenter



----

----

Kebun Raya Cibodas ini didirikan oleh Johannes Elias Teysjmann pada 11 April 1852 dengan ditandai tibanya bibit pohon kina dari Belanda, dulunya bernama Bergtuin te Tjibodas atau Kebun Pegunungan Cibodas.

Di tempat ini terdapat 10.792 koleksi tanaman, 700 jenis koleksi biji, dan 4.852 koleksi herbarium. Koleksi tanaman di sini terbagi dalam dua koleksi yakni koleksi di kebun dan koleksi di rumah kaca. Koleksi tanaman di rumah kaca terdiri dari anggrek (320 jenis), kaktus (289 jenis), dan sukulen (169 jenis). **Jalan Jajan Hemat

0 komentar:

Pigura Perjalanan II © 2008 Template by:
SkinCorner